Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Mendapatkan uang dari blog sejatinya bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, karena sudah banyak orang yang membuktikan, termasuk saya salah satunya. Nah, di artikel ini saya akan mencoba berbagi cara menghasilkan uang dari blog berdasarkan pengalaman. Jadi, bisa dipastikan cara menghasilkan uang dari blog yang akan saya bagikan ini sudah terbukti dan kabar baik lainnya adalah cara menghasilkan uang dari blog ini bisa Anda kerjakan tanpa modal / gratis.

Jujur, ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari blog, namun di artikel ini saya hanya akan membagikan 9 cara saja untuk menghasilkan uang dari blog, tetapi jika nantinya kurang puas dengan apa yang saya sampaikan Anda juga masih punya pilihan untuk membaca artikel selanjutnya tentang Cara Mendapatkan Uang dari Internet.

Untuk bisa menerapkan cara menghasilkan uang dari blog sendiri, tentunya terlebih dahulu Anda harus memiliki sebuah Blog. Dan, jika Anda belum mempunyai blog, saran saya silahkan buat terlebih dahulu. Bingung cara membuat blog ? silahkan baca panduan lengkap membuat blog dari awal sampai jadi disini Cara Membuat Blog.

Jika Blog sudah Anda siapkan, itu artinya kita sudah siap untuk menghasilkan uang dari blog, untuk itu langsung saja Anda simak keenam cara menghasilkan uang dari blog kita secara gratis.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan PPC


PPC adalah program yang paling banyak digunakan oleh para Blogger di seluruh dunia untuk menghasilkan dari Blog. Alasan utama kenapa mereka memilih program PPC sebagai cara mereka dalam menghasilkan uang dari blog adalah karena penghasilan uang yang mereka dapat bisa sangat besar, bahkan beberapa Blogger Indonesia yang saya temui sudah bisa menghasilkan ratusan juta per bulan dari program PPC.

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa sih PPC itu ? berikut saya berikan pengertian lengkap tentang PPC. PPC atau Pay Per Click adalah sebuah program dimana kita (pemilik blog) akan mendapatkan bayaran jika memasang iklan dari advertiser, dengan hitungan per klik.

Ini artinya besaran penghasilan yang kita dapatkan tergantun dari jumlah yang berhasil kita kumpulkan. Jadi, misal Anda memiliki blog dengan spesifikasi :

Pengunjung = 1000 Orang
Jumlah Klik yang di dapat = 50
Nilai per Klik = $0.75

Maka penghasilan yang Anda dapat per hari adalah 50 x 0.75 = $3.75 atau jika dalam sebulan kurang lebih Anda sudah bisa mengantongi $100 lebih.

Lalu, bagaimana cara untuk memulai PPC ? tentunya Anda harus bergabung di situs penyedia layanan PPC seperti misalnya :

  • Google AdSense
  • Media.net
  • Chitika

Ketiga situs diatas adalah situs penyedia layanan PPC, namun untuk menjadi member juga bukan pekerjaan mudah, karena ada proses Review.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan PPD


Konsep atau cara menghasilkan uang dari blog dengan program PPD sebenarnya hampir sama dengan PPC, bedanya jika di PPC kita akan dibayar setiap ada orang yang klik iklan, sementara untuk program PPD atau Pay Per Download kita akan dibayar saat ada orang yang download file yang kita upload.

Jadi, untuk bisa menghasilkan uang dari blog kita perlu mencari terlebih dahulu situs yang menerapkan Program PPD. Sejauh yang saya tahu, saat ini Tusfiles dan ShareCash adalah dua situs raksasa yang menyediakan layanan / program PPD.

Tugas Anda selanjutnya adalah mengupload file, bisa video, gambar ataupun software ke salah satu dari dua situs tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah Link Donwload. Nah, link inilah yang harus Anda sebarkan, bisa melalui blog, bisa juga Anda bagikan ke media sosial seperti Facebook dan jika ada orang yang mendownload file tersebut, maka Anda akan mendapatkan dollar.

Semakin banyak file yang Anda upload dan semakin banyak orang yang Download, maka akan semakin banyak pula dollar yang akan dapatkan.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Affiliate Marketing


Affiliate adalah salah satu metode marketing dengan menawarkan produk atau barang orang lain. Lebih lengkapnya, pengertian affiliate marketing adalah sebuah bisnis dimana Anda berperan sebagai makelar yang bertugas untuk menjualkan produk (barang / jasa) milik orang lain, dan setiap penjualan yang berhasil Anda lakukan, akan mendapatkan imbalan. Imbalan yang saya maksud disini adalah uang.

Menerapkan bisnis Affiliate marketing akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki sebuah blog. Jadi, nanti Anda tinggal pasang iklan di blog lalu biarkan pengunjung melihat iklan tersebut dan jika ada pengunjung yang tertarik untuk membeli produk tersebut maka Anda akan mendapatkan royalti sebesar 3% - 10% dari harga produk.

Ada banyak sekali situs yang menyediakan program affiliate marketing. Namun, saya hanya akan memberikan 3 situs affiliate terbaik versi saya :

  • Amazon
  • Clickbank
  • Jvzoo

Sementara, untuk Anda yang mencari program afiliasi lokal, saran saya cobalah untuk menggunakan Lazada atau Ratakan, karena kedua situs ini sudah memiliki nama yang besar, artinya mereka bisa dipastikan sudah terpercaya dan nyaris tidak mungkin untuk menipu.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Menjual Ebook


Jika Anda mahir dalam mennulis, maka tidak ada salahnya untuk coba-coba membuat Ebook lalu menjualnya melalui Blog Anda. Cara ini sangat ampuh atau akan menghasilkan penjualan yang besar jika tema dari Ebook yang Anda buat selaras dengan tema yang ada di Blog Anda.

Misal, Anda memiliki Blog dengan tema Bisnis. Maka usahakan untuk menjual Ebook yang memiliki tema yang sama, sebagai contoh Anda bisa menjual Ebook dengan judul 'Panduan Memulai Bisnis Online dari Awal untuk Pemula'.

Judul yang menarik dan isi yang lengkap akan menjadi penentu laris atau tidaknya Ebook yang akan Anda jual, jadi pastikan Anda memilih judul dengan kata yang tepat, karena yang pertama kali dibaca oleh pengunjung adalah judul dari Ebook tersebut, jika menarik maka akan mendorong pengunjung untuk membelinya.

Saya akui membuat Ebook juga bukan pekerjaan yang mudah, namun jika Anda sudah berhasil membuatnya, maka Anda tinggal memasarkannya, jadi kerja sekali untungnya bisa berkali-kali lipat.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Menawarkan Jasa


Selain menjual Ebook, ada satu lagi cara menghasilkan uang dari blog yang juga banyak saya temui, yaitu menawarkan Jasa. Jasa apapun bisa Anda tawarkan di Blog. Dari mulai Jasa Like Facebook, Jasa Desain Grafis dan Jasa SEO.

Agar jasa yang Anda tawarkan bisa dilihat banyak orang, maka silahkan gunakan Teknik SEO. Ini fungsinya untuk menaikkan posisi atau lebih dikenal sebagai ranking blog di SERP (Search Engine Result Page). Jika blog Anda naik di peringkat pertama dengan kata kunci yang Anda bidik, maka pemesan jasa Anda bisa dipastikan akan meningkat drastis.

Saya contohkan jika Anda ingin membuka Jasa SEO, maka cobalah untuk membuat artikel yang 'berbau' SEO, misal :

  • Cara Meningkatkan SEO Blog
  • Cara Menjadi Ranking 1 di Google
  • Cara Belajar SEO untuk Pemula

Selanjutnya, silahkan Anda selipkan penawaran Jasa SEO Anda dibagian akhir artikel, jadi Anda tidak harus mentargetkan kata kunci 'Jasa SEO' dimana seperti yang kita ketahui bahwa kata kunci tersebut memiliki persaingan yang ketat.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Menjual Blog


Jual beli blog adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang cukup digemari oleh para Blogger. Karena tak jarang harga blog yang baru dibuat bisa laku hingga jutaan rupiah. Penghasilan tersebut tentunya jauh lebih besar daripada kita memontisasi blog dengan periklanan atau semacamnya.

Untuk Anda yang baru pertama kali mengenal web marketing, pasti akan merasa bingung dimana dan bagaimana cara untuk menjual blog, bukan ? untuk itu, disini akan saya coba jelaskan tempat untuk menjual blog beserta cara menjualnya.

  • Ads.id : Tempat untuk menjual blog yang pertama adalah forum kebangggan orang indonesia yaitu Ads.id, namun untuk bisa menjual blog di forum Ads.id, Anda harus menjadi member terlebih dahulu dan minimal memiliki 15 Post.

  • Digitalpoint : Forum internasional Digitalpoint juga dianggap sebagai salah satu tempat / situs jual beli blog terpopuler, karena memiliki jumlah pengguna (member) ratusan ribu jiwa.

  • Flippa : Tidak akan ada yang menolak jika saya menyebut Flippa sebagai salah satu situs jual blog terbaik saat ini. Bisa dibilang Flippa adalah induk dari aktifitas jual beli blog yang ada di internet.

Menghasilkan uang dari blog dengan cara menjual Blog sebenarnya bukan karena keterpaksaan, melainkan sebuah pilihan. Jadi jangan anggap jika ada orang yang sedang menjual blog, maka jangan mengiri bahwa dia tidak tidak bisa menghasilkan uang dari blog. Itu pernyataan yang salah, karena memang faktanya banyak orang yang sengaja membuat blog untuk dijual.

Itulah, beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Blog Sendiri secara Gratis yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan pastinya tanpa modal. Jika Anda memiliki trik menghasilkan uang dari blog lain yang lebih menguntungkan dari keenam cara diatas, silahkan bagikan kepada kami melalui kolom komentar.